Lingkungan sangat penting bagi kenyamanan masyarakat setempat. Oleh sebab itu sangat diperlukan penghijauan serta tanaman yang mendukung keindahan taman seperti bunga dan lain-lain. Desa Wilayut masih kurang dalam hal lingkungan, entah itu lahan yang terbengkalai hingga rumput liar yang tumbuh subur dapat mengganggu keindahan.

Mahasiswa KKN Umsida 2022 memprogram untuk mendirikan taman yang sejuk sekaligus indah dipandang di desa wilayut. Adapun perencanaan program lingkungan ini meliputi pembersihan taman dari rumput liar, penanaman hidroponik, serta pembuatan taman desa.

“Taman desa wilayut kurang terjaga, sehingga ketika kita melihat sangat jelas bahwa itu membutuhkan pertolongan. Kita bisa membantu untuk meningkatkan keindahan taman desa itu dengan menata ulang dan bila memungkinkan menambah tanaman-tanaman baru.” Kata Firman Hadi S. selaku Koordes KKN Wilayut.

Pembuatan taman desa dilakukan pada minggu pertama Kuliah Kerja Nyata (01/02/2022) sebab pembuatan taman yang melalui berbagai proses yang cukup panjang. Pembuatan taman dimulai dengan pembersihan rumput liar yang menjuntai subur. Sampah yang berserakan juga membutuhkan perhatian.

Pembersihan dilakukan dengan gotong royong serta bekerja sama dengan bapak tukang kebun disana. “saya merasa terbantu degan adanya anak KKN disini. Tenaga saya sudah tua jadi dengan adanya anak muda bisa meringankan tugas saya disini.” Ujarnya

Selain pebuatan taman desa, kita sekaligus mendaur ulang botol-botol bekas yang dapat digunakan sebagai pot bunga mini yang akan disusun sedemikian rupa. Botol tersebut akan dipotong dan dicat sehingga menambah kesan warna pada taman desa nantinya.

Hasil riset mahasiwa KKN menemukan bahwa di Desa wilayut belum tersedia penanaman dengan sistem hidropnik. Pembuatan hidroponik merupakan metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Sebagai Inovasi pada desa tersebut Mahasiswa KKN-P Umsida mendirikan sebuah taman dengan sistem hidroponik disamping program taman bunga yang saat ini telah selesai dilakukan pada sabtu 26/02/2022.

Harapan yang diharapkan Mahasiswa KKN dari taman desa ini semoga masyarakat desa wilayut lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan membantu merawat taman tersebut. “Balai desa terlihat lebih hijau dan cantik dengan adanya taman. Sangat berbeda ketika tatanan yang semrawut ditumbuhi rumput liar.” Ujar kholik selaku masyarakat yang tinggal di sekitar balai desa wilayut.

Penulis : Sofyanora Pravita Agustin

Bimbingan Belajar oleh Mahasiswa KKN-P 54 UMSIDA Terhadap Siswa Sekolah Dasar

Salah satu kelemahan pendidikan di zaman pandemi ini adalah kurangnya perhatian dalam hal pembelajaran oleh orang tua siswa sekolah dasar. padahal hal tersebut sangat penting karena kurangnya pembelajaran yang diterima anak dari sekolah.

Mahasiswa KKN-P melakukan program kerja berupa bimbingan belajar yang mentargetkan anak-anak usia sekolah dasar. Bimbingan dimulai dari senin 7/02/2022 hingga berakhirnya kegiatan KKN pada 06/02/2022. Anak-anak sekolah dasar bersemangat dalam belajar bersama kakak-kakak mahasiswa, mereka senang bisa bermain dan belajar bersama.

Dengan terjun langsung kedesa wilayut mahasiswa mengetahui bahwa memang anak sekolah dasar memiliki pendidikan yang cukup tertingkal karena adanya pandemi virus. Terbukti dengan beberapa orang tua yang tertarik dengan program kerja bimbingan belajar. Dengan senang hati menitipkan anak mereka pada mahasiswa KKN untuk di bombing agar ketika keluar rumah memiliki kegiatan yang bermanfaat dan tidak hanya bermain saja.

“Anak saya membutuhkan guru bimbel yang bisa mengajar secara private, dia kelas 2 SD tapi belum lancar membaca. Kemarin setelah les bimbel di salah satu guru, dia mengalami peningkatan . Namun lama kelamaan tempat les tersebut ramai dengn anak bru. Sehingga anak saya menjadi terabaikan.” Ujar bu elisa salah satu orang tua dari anak yang mengikuti bimbingan belajar oleh mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Untuk melakukan bimbingan belajar terhadap anak sekolah dasar memang tidak mudah, tapi dengan kerja sama dan gotong royong teman-teman KKN akhirnya program bimbingan belajar tiap hari Senin-Sabtu terlaksana. Dengan teraksananya program kerja bimbingan belajar di desa wilayut. Sebagai mahasiswa yang sudah melakukan pengabdian terhadap masyarakat desa. Harapan kedepannya adalah bimbingan belajar yang telah dilakukan mampu mengembangkan setiap individu sesuai dengan kemampuannya.

Penulis: Safia Meilia Sari